Senin, 18 Agustus 2014

Tips Belanja Online

Di era digital sekarang ini, sudah banyak kita diberikan kemudahan dalam berbagi informasi atau saling berkomunikasi jarak jauh. Dan sekarang sudah banyak kita temui vendor vendor yang membuka online store atau Online shop alias Toko Online.


Beberapa online shop ternama di Indonesia


 Hal ini sangat memudahkan para pelanggan yang tidak punya banyak waktu pergi ke toko di pasar atau pusat perbelanjaan.  Selain itu terutama bagi saya yang tinggal di remote area, Daerah terpencil memudahkan untuk mendapatkan barang-barang yang tidak banyak dijual di daerah terpencil tersebut. 

Saya sendiri termasuk salah satu onlineshopper. Setidaknya ada 3 jenis item yang pernah saya beli dari media internet toko online yakni Jam tangan, Buku, dan Kaos. Tentunya di toko online yang berbeda-beda. Pada awalnya saya cukup meragukan keamanan berbelanja dengan metode ini. Muncul ketakutan barang-barang yang dibeli tidak sampai ke tangan kita padahal uang sudah di transfer ke pihak penjual. Untuk mengatasi hal-hal ini saya akan berbagi saran kepada anda bagaimana berbelanja online secara bijak dan aman.

Berikut saran berbelanja online Versi DoddyRakhmat.com:

  1. Pilihlah Toko Online Terkenal. Disini saya menyarankan anda untuk memilih online shop yang ternama seperti Lazada, Lamido, Zalora maupun Dinomarket untuk jenis barang elektronik maupun perkakas rumah tangga lainnya. Untuk buku, anda bisa mencoba Gramedia Online, Mizan Store atau BukuKita .Dan kalau anda mau membeli tiket pesawat anda bisa coba Traveloka ataupun lanngsung ke situs maskapainya. Kenapa harus yang terkenal? Karena apabila terjadi kerusakan ataupun kendala terhadap barang yang kita pesan. Vendor ini akan bertanggungjawab dan toko online terkenal pasti menjamin keselamatan dan keamanan kita dalam berbelanja. Tidak ada unsur penipuan.  
  2. Belanjalah dengan Teliti. Pada saat anda memilih barang pesanan anda, pastikan sesuai dengan apa yang dengan inginkan. Misalnya, anda mau membeli gadget. Spesifikasinya biasanya dicantumkan reseller. Dan tentunya anda harus memastikan garansi barang. Anda tidak mau kan kalau barang yang anda beli rusak karena ada kendala di pengiriman.
  3. Hati-hati Berbelanja di situs jual-beli. Situs jual beli di Indonesia sekarang sudah banyak diantaranya OLX, Berniaga, Kaskus Jual Beli. Kenapa saya bilang harus berhati-hati? Situs jual-beli merupakan wadah perantara antara seller dan buyer, artinya harus ada komunikasi diluar situs tersebut bisa melalui telfon, sms, BBM atau social media lainnya. Nah, anda harus pastikan si penjual adalah orang yang dipercaya dan identitasnya jelas. Karena ada teman saya yang membeli barang, uangnya sudah dikirim tapi barangnya sampai sekarang belum sampai. Alias ditipu. Susah kan jadinya. Jangan karena tergiur harga murah anda melupakan keselamatan uang anda. Risikonya lebih besar. Tapi banyak juga di situs jual beli adalah orang-orang ataupun distributor yang jujur dan terpercaya. Kalaupun ada kendala mereka akan bertanggungjawab tergantung negosiasi anda.
  4. Harga. Di toko online, biasanya banyak menawarkan promo ataupun discount hampir setiap harinya. Pengalaman saya setiap hari saya hampir dikirim email newsletter dari online shop yang pernah saya gunakan. Jadi tidak perlu lagi ribet mengecek harga harga promo di internet. Selain itu apabila anda menjadi member di onlineshop tersebut biasanya mendapat kemudahan-kemudahan. Harga di toko online sama saja seperti di toko aslinya hanya saja yang membedakan adalah apabila anda berada diluar jakarta pastinya akan dikenai tambahan biaya ongkos kirim bisa melalui TIKI, JNE, atau POS Indonesia. Dan banyak juga yang memberikan jasa gratis ongkos kirim tapi dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  5. Pembayaran. Kalau anda berbelanja online pasti anda harus transfer uang ke penjual atau bisa Cash on delivery (Bayar di Tempat) jika penjual menyediakan layanan tersebut. Biasanya pihak penjual mencantumkan jumlah uang yang harus ditransfer, pastikan dengan teliti jumlah yang anda kirim. Jangan sampai lebih ataupun kekurangan. Karena akan semakin rumit urusan berbelanjanya nanti.
  6. Belanjalah dengan Bijak. Saran saya terakhir pastikan anda membeli barang sesuai dengan kebutuhan anda, bukan mengedepankan keinginan. Keinginan itu tidak ada habisnya, bisa saja kita borong semua barang tersebut tapi belum tentu dibutuhkan oleh kita pada saat itu. Be Wise !

Selamat berbelanja online!

1 komentar: