Kamis, 07 April 2016

Permintaan Terakhir

Orang-orang mengenalku dengan nama Yuti Sara. Dan aku lebih senang bila dipanggil Yuyu. Terlahir dan dibesarkan di desa pinggiran kota, tak membuat seleraku dalam berdandan kalah saing dengan gadis-gadis kota. Aku juga mengenal Hermes, Gucci dan Luis Vuitton. Dan aku bermimpi saat aku menikah nanti, aku dihadiahi tas-tas mewah dari luar negeri itu.

Di teras rumah, aku duduk dibelakang Emak. Mencari kutu dan uban dari kepalanya. Kegiatan rutin setiap sore. Kemudian pemuda-pemuda tanggung mulai menggodaku, melempar siul dan semacamnya, aku pura-pura malu tapi suka.

"Ti, emak mau ngomong sesuatu deh."

"Panggil Yuyu dong mak…,"

"Iya yuyu..yuyu.."

"Semenjak Abah gak ada. Makan buat sehari-hari kita udah susah. Sampai-sampai Yuyu gak lanjut sekolah tinggi."

"Hooh, terus mak." Aku masih sibuk meneliti kepala Emak.

"Gimana kalau Yuyu nikah aja? Biar Emak bisa numpang sama Yuyu."

Aku tersentak kaget. Tak sengaja aku mencabut rambut hitam Emak, meleset satu helai dari ubannya. Emak mengaduh.

"Sama siapa Mak?"

"Nanti mak cari. Yang rada tajir."

Aku pasrah. Mungkin ini jalan untuk mewujudkan mimpiku itu. Tas mewah luar negeri.

Beberapa minggu kemudian, aku sudah di kota. Bersama suamiku seorang pengusaha. Ia selalu pergi pagi buta dan pulang setelah matahari ditelan bumi. Emak menemukan suamiku saat ia main-main ke desa kami. Ada urusan bisnis katanya.

Emak tinggal bersama kami. Ia amat senang. Bisa nonton sinetron setiap hari. Suatu hari aku meminta suamiku itu untuk membeli tas mewah luar negeri yang kudamba. Namun ia belum pulang-pulang semenjak permintaan terakhir dariku itu. Aku mulai cemas dan menyimpan curiga, jangan-jangan dia kawin lari bersama perempuan lain.

Setelah sekian lama, aku melihatnya tidak secara langsung. Di sebuah tayangan acara kriminal dk televisi. Aku dapat mengenali perawakannya yang mengendap-endap tertangkap kamera pengawasan salah satu toko tas mewah di mall. Dan aku teringat permintaan terakhirku seminggu lalu, ia memang benar-benar tak melupakannya.

*Doddy R

#LipatCeritaOWOP #Maling

1 komentar:

  1. Butuh bener2 fokus buat paham maksud tulisan ini. Tapi aku takjub dgn cara penulisannya

    Mampir ya

    http://wwwlisaramaynti.blogspot.co.id/2016/04/nikmat-bersyukur.html?m=1

    BalasHapus