Rabu, 09 Maret 2016

[Review] Jam Berapa Sekarang...?

"Kadang Tuhan Senang Bermain-main"

Sebaris kalimat yang tertulis di sisi kiri atas bagian buku membuat saya penasaran cerita apa yang bisa diperoleh dari sebuah buku novel berjudul Jam Berapa Sekarang...? karangan duo penulis. Hardianti Lina dan Arief Agustianto. Buku setebal 250 halaman ini diterbitkan oleh Elex Media pada tahun 2014. Saya menemukannya di salah satu rak toko buku kecil di kota akhir bulan lalu.

Buku ini menceritakan tentang kisah dua gadis malang, Mariam dan Lidya. Mereka menerima ketidakadilan oleh orang-orang sekitar akibat perilaku bejat orang lain. Mariam dan Lidya memiliki cara bertolak belakang menghadapi masalah yang melanda kehidupan mereka. Mariam dengan ketabahannya sedangkan Lidya dengan amarah dan dendam.

Dengan sudut pandang orang ketiga penulis berhasil mengajak pembaca untuk melompat ke dalam pikiran dan perasaan dari satu tokoh ke tokoh lainnya, diksi yang digunakan mengajak kita untuk merasakan rapuhnya jiwa tokoh, begitu kompleks permasalahan, dan juga detil-detil. Setiap tokoh saling berkaitan dari awal cerita sampai akhir, mereka seolah berada di satu garis lurus takdir.Tak terpisahkan.

Beberapa hal yang menurut saya kurang dari buku ini adalah ada dialog yang bahasanya tidak sesuai dengan latar belakang karakter tokoh. Seolah-olah bukan si tokoh yang berbicara melainkan narator. Karena penggunaan kata yang terlampau tinggi dan terlalu berlebihan untuk diucapkan oleh tokoh-tokoh dalam cerita.

Twist dan open ending. Ada kejutan di bagian akhir cerita dan memberikan kesempatan untuk pembaca menafsirkan kelanjutan cerita.

Secara keseluruhan buku ini mengajak kita untuk lebih peduli kepada orang sekitar terutama perempuan dan membuka kembali pemahaman reaksi psikis seseorang terhadap suatu masalah pelik.

"Hidup kadang terlalu keras bila hati kita tidak melunak."
-Doddy R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar