Kamis, 01 Januari 2015

Blog itu...

Selamat Hari Pertama di Tahun 2015

Setelah sekian lama dalam dunia blogging, saya belum pernah menjelaskan Blog di mata saya itu seperti apa.

Pertama kali saya mengenal blog dan punya blog saat kelas 2 SMP. Terinspirasi dari teman saya @igrir yang punya blog di masa masa internet masih tabu di kota kami. Hahahaha. Yang saya ingat baru ada 3 warnet di kota saya tersebut, dan jaraknya berjauhan.

Sebagai anak muda yang tidak mau ketinggalan teknologi, maka saya memutuskan untuk membuat blog. Blog pertama saya bisa dikunjungi di jrdoddy.blogspot.com , isinya betul betul random. Sebagian copy paste, dan semi curhat. Saya terlalu memaksakan untuk menulis, dan saat kelas 1 SMA keinginan saya untuk mengembangkan bakat dalam menulis sedikit demi sedikit terwujudkan dengan adanya social media seperti Facebook. Setidaknya saya terus menulis di status status, apapun itu. Internet saat itu sudah mulai banyak dikenal hal tabu lagi.

Saya membuat blog lagi dengan berbagai konsep, dan ujung ujungnya saya tinggalkan. kasihan blognya di PHP in.

Di perguruan tinggi, saya membuat blog baru karena blog saya sebelumnya hilang karena jasa domain gratisan. Yang harusnya saya setting untuk direct saja ternyata malah permanent.  Gaya penulisan saya banyak dipengaruhi dengan Blog Raditya Dika , Shitlicious dan Kancut Beringas.

Saya merasa masih ikut ikutan, tidak ada istimewa punya blog tapi dengan cermin gambaran tulisan orang lain. Di pertengahan tahun 2014, Blog yang sedang kalian baca inilah dilahirkan. Prinsip saya sampai sekarang adalah "Menulis itu untuk diri sendiri, jika orang lain dan menyukai tulisan kita itu adalah bonusnya" , saya tak peduli dengan jumlah view blog. Dengan prinsip tersebut saya merasa puas setiap posting sebuah tulisan di blog. Tidak ada penyesalan atau keraguan akan tidak dibacanya tulisan saya tersebut.

Blogwalker adalah seorang tamu yang layak dihormati untuk masuk ke rumah dunia maya (Re : Blog ini) saya ini, sepenuhnya saya berikan keleluasaan untuk mengeksplor dan mengkritik setiap karakter tulisan yang terpampang di blog ini.

Blogwalker, Saya ucapkan terima kasih menjadi bagian dari pendewasaan tulisan saya.

Sengaja menggunakan domain nama saya pribadi, agar blog ini lebih personal ke pribadi saya. Dan lebih singkat daripada harus mengetik blogspot lagi. Hehehe.

Di tahun 2014, saya mengembangkan salah satu genre penulisan yang terinspirasi dari Bentang Pustaka. Yaitu Cermin. Cerita Mini. Cerita mini adalah cerita singkat terdiri atas 200-350 kata dan bertema bebas. Saya bersama Saidahumaira membentuk Partner In Write, wadah untuk mengembangkan jenis tulisan ini.

Untuk sementara waktu sampai di akhir 2014 kemarin saya dan Saidahumaira vakum karena kesibukan kerja masing masing, sehingga harapan saya di tahun 2015 ini kami bisa mengembangkan lebih jauh Partner In Write dan CERMIN. Semoga bisa publish sebuah buku kompilasi. Amiin.

Oh iya, kalian bisa membaca hasil karya kolaborasi kami dalam membuat Cermin di blog ini atau di www.saidahumaira.com

Cari saja post blog yang berlabel CERMIN. Setiap harinya kami membuat dengan tema berbeda-beda. Mulai dari politik, kriminal, fantasi, cinta, keluarga maupun misteri.

Anda ingin bergabung dengan Partner In Write? Dengan senang hati kami menerimanya.

Happy New Spirit 2015 Blogger Indonesia! Keep Posting!

2 komentar: