Rabu, 14 Januari 2015

5 Musisi Favorit Mas Doddy

Musik adalah obat paling mujarab untuk mengusir kantuk daripada kopi.
-Doddy R-

Bagi saya, musik itu bukan sekedar rangkaian nada dan suara. Musik itu adalah bagian dari kehidupan.

Kehidupan saya banyak diwarnai dengan berbagai jenis musik. Mulai dari pop, rock, dangdut, k-pop, bahkan musik daerah.

Nah di kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berbagi dengan para pembaca apa saja musisi favorit saya, dan apa yang melatarbelakangi memfavoritkan musisi tersebut.

Berikut adalah lima musisi/grup musik yang saya favoritkan sejak dulu sampai sekarang ini:

1. Letto

Grup musik asal Jogja dengan ciri khas lagu nan romantis dan puitis ini, merebut hati saya sejak berseragam putih biru. Lagu andalannya, "Ruang Rindu" adalah salah satu lagu yang tak kacangan untuk urusan liriknya.

Dengan vokalis Mas Noe, Sang Kriting Berkupluk. Musik dan liriknya serasa tak akan lekang oleh zaman. Walau letto sudah tidak aktif mengeluarkan lagu lagu baru. Tetapi, karya mereka masih nangkring di playlist musik saya. Entah itu di smartphone atau laptop. Lirik lagu Letto ini seperti puisi yang dilagukan, sehingga tidak terkesan abal abal dan gamblang mengutarakan sesuatu. Saya yang suka buat puisi pun merasa nyaman dengan lagu lagu mereka.

Semoga mereka bisa melahirkan lagu lagu mengguncang hati lagi. Amin kan ya pLETTOnic!

2. Nidji

Grup musik Pelangi alias Nidji. Aneh sekali kalau dibahasakan Indonesia ya?

Lagu lagunya yang sangat enerjik, musik techno, suara fallset sang vokalis Giring, dan gaya bernyanyi mengambil bohlam lampu. Itu cukup menggambarkan grup musik ini.

Saya mengenal grup Nidji saat di bangku SMP juga sama seperti mengenal Letto. Yang tak bisa saya lupakan, adalah ketika saya menyanyikan lagu pertama Nidji yaitu 'Sudah' untuk mengambil nilai ujian akhir sekolah mata pelajaran kesenian. Kenapa saya memilih lagu itu, karena ada maksudnya.
Di dalam salah satu bait liriknya ada kalimat,

"Bila kita harus berpisah.. Sudah...
Biar kan ini semua berakhir..
Sudah...
Cinta memang tak harus milikinya.."

Itu saya resapi, hayati, dan lantunkan sepenuh hati di hadapan gebetan. Mengutarakan segala isi hati, bahwa ditolak gebetan itu berarti cinta tidak harus miliki.

Buat kamu yang pernah jadi gebetan saya, terima kasih sudah mengajari.

Dan salam buat suami ya!

Oke, kembali lagi ke Nidji.

Sampai saat ini saya masih mengagumi lagu lagu mereka, terlebih lagi Nidji selalu muncul dengan karya karya nya di original soundtrack film Indonesia, bahkan sempat di serial international "Heroes".

Dan ada beberapa pendapat, bahwa suara saya dulunya, dulu. Itu mirip sama bang haji Giring, saya suka dengan permainan suara fallsetnya.

Dengan lirik yang easy going but hard to feel alias musik asik dalam pada lirik. Ini selalu merebut hati dan kuping saya untuk mendengarkan lagu lagu terbaru dan terlama dari Nidji.

Nidjiholic, always!

3. Maher Zain

Saya suka dengan musik religi, salah satunya adalah lantunan dari Maher Zain. Lagu lagunya yang begitu syahdu dan begitu kuat maknanya. Saya menyimpan semua lagu dari Maher Zain dari yang lama sampai yang terbaru.

Pernah, sewaktu saya kena cacar pas zaman kuliah dulu. Di dalam kamar kos, saya memutar lagu lagu Maher Zain, terutama pas saat bagian lagu "Number One For Me" itu asli nangis sejadi-jadinya. Entah kenapa, rasanya liriknya begitu pas. Tentang kedewasaan seorang anak terhadap ibu nya dan janji agar selalu membahagiakan.

Hati pun basah

Maher Zain, Keep Pray on music!

4. Black Eyed Peas

Nah, vocal group dari negeri Paman Sam ini termasuk salah satu favorit saya untuk bidang musik beat. Aliran R&B dan TechnoPop Black Eyed Peas sukses menggerakkan badan setiap mendengarkan lagunya.

Waktu zaman nge kos dulu, saya bahkan pernah buat video Lipsing salah satu lagu mereka yang berjudul "Dirty Bit" ,memalukan memang. Tapi rasanya puas. Hahaha.

Gaya musik yang ditawarkan Will.I.Am dan kawan kawan ini begitu nyentrik dan out of the box. Karakter suara yang berbeda-beda, konsep video musik yang ciamik dan juga lirik liriknya yang sukses buat lidah kelilit. Menjadi alasan saya untuk menempatkan mereka dalam playlist musik.

B.E.P rock and roll!

5.Big Bang

'Hah, apa an sih. Korea korea. Kayak banci mereka tuh"

Itu salah satu percakapan saya dan teman saya di masa lampau, berarti pakai past tense. Apa sih.

Perkataan itu ternyata mengandung karma. Bukan bukan, saya masih normal bukan banci.

Dulunya, saya sempat membenci korea atau kpop karena menurut saya agak kurang enak melihat sekelompok pria menari-nari sambil bernyanyi. Pas saat kuliah, ternyata tampilan musik k-pop semakin modern. Dengan kostum, tatanan set panggung, tata gerak yang mantap dan sulit ditiru.

Saya awalnya sudah lama tahu dengan nama Big Bang. Cuma belum tahu yang mana orangnya dan aliran musiknya seperti apa.

Pertengahan 2012, saya iseng mencari tahu Big Bang di YouTube. Kebetulan saat itu mereka sedang launching lagu barunya, "Fantastic Baby". Setelah melihat video musiknya, asli langsung jatuh hati.

Kenapa? Mereka menawarkan kualitas suara yang mumpuni.
G- Dragon dengan Rap, T.O.P dengan suara beratnya, Daesung dengan power vokalnya, dan
Taeyang dengan gaya hip hop nya.

*Sampai hafal nama personilnya*

Yes, I'm V.I.P

Big Bang menonjolkan olah vokal yang menarik, tidak sekedar menari-nari sok kecakepan. Bahkan mereka pun tidak ada gerakan dance nya kalau di musik video. Salut.

Musiknya asik didengar dan buat gerak badan, walau tidak tahu arti liriknya apa. Hahaha.

Apalagi kalau sedang karaoke, jangan salah kalau banyak yang request lagu Big Bang ke saya. Ketawa lagi. Hahaha.

V.I.P Boom shakalaka!

Oke, itu tadi 5 musisi adalah musisi favorit versi saya, kalau kamu?

2 komentar:

  1. Favorit gue juga tuh nidji :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nidji, legenda musik indonesia untuk zaman kita kita nanti bro..

      Hapus